The White Castle

Tuesday, November 11, 2008

Judul Asli: The White Castle

Pengarang: Orhan Pamuk

Penerjemah: Fahmy Yamani

Penyerasi: Sofia Mansoor

Penerbit: Serambi

Cetakan: I/April 2007

Belum selesai dibaca. Seru juga. Bercerita tentang dua orang yang sangat mirip satu sama lain. Satunya seorang pemuda budak dari Venesia dan satunya lagi seorang hoja (guru?) Turki. Pada sampul belakang dituliskan: Cerita ini berkisah tentang kehidupan seorang asal Venesia yang konon menjalani kehidupan sebagai seorang budak di Istanbul, Turki, pada sekitar abad ke-17. Karena pengetahuannya yang luas, tuannya yang segala-galanya sangat mirip dengannya berusaha dengan segala cara menggali semua pengetahuan dan sekaligus menguras semua pengalaman hidup si budak. Tuan dan budak harus mengarang banyak cerita ajaib dan menafsirkan mimpi sultan yang mereka abdi, termasuk merancang sebuah senjata pamungkas yang hebat. Ketika senjata aneh yang dianggap pembawa sial itu gagal menaklukkan Istana Putih, kehidupan mereka pun terancam, terutama si budak kafir itu.

Pertukaran jati diri di antara keduanya, yang terjadi di sepanjang kisah, diungkapkan dengan cara yang unik dan membuat pembaca bertanya-tanya apakah menjalani kehidupan orang lain memang bisa membuat kita bahagia.

0 Comments:

 
Jendela Dunia Safanun - Wordpress Themes is powered by WordPress. Theme designed by Web Hosting Geeks and Top WordPress Themes.
por Templates Novo Blogger