Seorang Sultan di Palermo

Tuesday, November 11, 2008

Judul Asli: A Sultan in Palermo

Pengarang: Tariq Ali

Penerjemah: Atta Verin & Anton Kurnia

Penyunting: Anton Kurnia

Penerbit: Serambi

Cetakan: I/Maret 2007

Belum dibaca. Ternyata Seorang Sultan di Palermo adalah novel keempat dalam serial pentalogi (di buku-buku sebelumnya disebutkan tetralogi) novel sejarah Islam karya Tariq Ali. Tiga novel pertama adalah Bayang-Bayang Pohon Delima yang berlatar Spanyol, Kitab Salahuddin yang berlatar Timur Tengah, dan Perempuan Batu yang berlatar Turki. Yang satunya lagi apa ya?

Dari ringkasan yang ada di sampul belakang dan di
sini kayaknya seru: Novel ini berlatar Sisilia pada abad kedua belas. Saat itu, pulau yang kini dikenal sebagai tempat kelahiran mafia itu dihuni oleh mayoritas penduduk Muslim, tetapi diperintah oleh seorang penguasa Kristen moderat bernama Sultan Rujari alias Raja Roger II (1101-1154). Kisah mengalir seiring kisah hidup seorang ilmuwan pembuat peta terkemuka yang juga seorang pencinta yang berkobar-kobar, Muhammad al-Idrisi (1100-1165), dan persahabatannya yang unik dengan Sultan Rujari, termasuk kisah cinta segi limanya dengan selir kesayangan sang Sultan dan istri seorang Amir bawahan Sultan.

0 Comments:

 
Jendela Dunia Safanun - Wordpress Themes is powered by WordPress. Theme designed by Web Hosting Geeks and Top WordPress Themes.
por Templates Novo Blogger